BUPATI HADIRI RAT LKM KUBE

LKM KUBE Sejahtera 05 Sidoluhur telah menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan) untuk periode tutup buku tahun 2016. RAT yang bertempat di Balai Desa Sidoluhur Godean Sleman ini telah dilaksanakan pada 18 Februari 2017. LKM KUBE Sejahtera adalah Lembaga Keuangan Mikro Kelompok Usaha Bersama. Pendirinya di lakukan oleh sekelompok masyarakat yang tergabung dalam KUBE dengan berbagai macam jenis usaha yang di Inisiasi oleh Pemerintah melalui Dinas Sosial DIY. Proses pendirian serta pendampinganya di lakukan oleh PINBUK DIY. Seiring dalam perjalanannya waktu lembaga yang telah dibentuk pada tahun 2010 dengan modal awal dari masyarakat sebesar 33 juta kini telah memiliki asset lebih dari 1,2 Milyard. Jumlah anggota yang telah dilayani sampai saat ini oleh LKM KUBE 05 adalah sebanyak 554 orang. RAT kali ini juga tampak meriah dan berkesan karena selain Laporan Pertanggungjawaban juga ada pembagian dorprize, dan reward untuk para anggota yang rajin dalam pertemuan KUBE dan anggota yang rajin mengangsur tepat waktu. Menurut pengelola, reward ini bagian dari apresiasi penggelola kepada para anggota yang telah berkomitment dalam proses pengembangan LKM.
Sri Purnomo selaku Bupati Sleman yang hadir dalam RAT merasa Bangga dengan kiprah dan sumbangsih ekonomi yang telah dilakukan oleh LKM terhadap masyarakat sekitar dan warga Sleman pada umumnya. Dalam Sambutannya Bupati yang telah menjabat selama 2 periode ini berpesan agar pengurus dan pengelola dapat menjaga amanah yang telah diberikan oleh mayarakat serta mampu meningkatkan prosesionalisme dalam pengelolaanya. Bupati juga berharap LKM 05 Sidoluhur dapat terus menjaga tingkat kesehatannya, sehingga kepercayaan dari anggota dan stakeholders juga dapat terus terjaga
Agus Amin dari PINBUK DIY yang hadir dalam RAT menggatakan, Eksistensi LKM KUBE Sejahtera telah membuktikan konsep to help people to help themselves. Dimana masyarakat kecil yang termarginalkan secara ekonomi telah mampu bertranformasi secara berjamah dengan sukses mendirian dan menjalankan LKM KUBE. Deputi Program dan Penelitian PINBUK ini juga menambahkan, Akselersi LKM KUBE dengan multiplier effectnya telah mematahkan konsep pembangunan yang selalu menempatkan masyarakat kecil sebagai Objek pembanguan, karena mereka sesungguhnya punya potensi dan sumberdaya yang luar biasa. Mereka telah membuktikan bahwa mereka adalah Aktor yang mandiri. (AAS)

 

Sumber

www.pinbukjogja.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *